Tips Menjinakkan Burung Liar

Burung-burung liar terkadang memeiliki daya tarik tersendiri bagi beberapa orang, mungkin karena kicaunya, warnanya, atau bentuknya. Karena memiliki daya tarik tersebut, biasanya orang-orang menangkap burung liar tersebut untuk dipelihara. Namun saat dipelihara burung tersebut biasanya mati karena burung tersebut masih memiliki sifat liar, dan burung yang seperti ini pasti ingin keluar dari sangkar dan bebas, nah saat dia berusaha untuk keluar dari kandang tersebutlah yang membuatnya mati, kadang sangkarnya ditabrak-tabrak atau berusaha mengeluarkan tubuhnya melalui sela-sela kandang yang akan mengakibatkan tubuhnya terjepit. Berikut ini ane kasih tips biar burung liar tangkapan saudara-saudara sekalian bisa agak jinak, ni sample burung ane, burung sirtu/sirpu/cipow..

Check it…
1.      Gantung sangkar burung di tempat tinggi dan sering dilewati orang atau untuk lalu lalang. Jangan taruh burung ditempat yang disendirikan dan jarang dilewati orang. Ada beberapa orang yang bilang jika ingin menjinakkan burung harus dikerodong beberapa hari, tapi menurut saya kerodong hanya berguna supaya burung lebih bisa beristirahat dan enjoy dengan kandangnya, tetapi kerodong tidak memberikan efek supaya tidak takut pada manusia.

2.      Jika waktu sudah petang/sore, gantungkan burung didalam rumah. Dengan cara ini burung akan lebih sering melihat orang, karena didalam rumah biasanya anggota keluarga beraktivitas atau bersantai, dan juga si burung bisa ikut menonton TV atau mendengar radio hehehehe.

3.      Biasakan mandikan burung di pagi hari. Dengan memandikan burung tangkapan kita, si burung akan lebih menghafal siapa tuannya, dan juga bisa membuatnya lebih fresh.

4.      Berikan pakan setiap hari. Dengan memberi makan setiap hari, siburung juga akan semakin hafal degan tuannya, jika bisa, disaat waktu luang turunkan burung, dan cobalah member makan dengan tangan anda sendiri, jika belum mau, berikan dengan menggunakan lidi.

Ni dia hasilnya, kalo bisa rutin biasanya seminggu siburung udah bisa jinak..


Segini dulu ya tips dari saya…
Salam...

8 komentar:

Marthes Prima Anoom mengatakan...

gan numpang tanya kita boleh gak kasih makan burung langsung dri tangan kita,misal kacer,pentet...
soalnya saya baca dibeberapa referensi kita gak boleh ngasih makan langsung dengan tangan gan..mohon pencerahannya gan..

Ditya Jati W mengatakan...

boleh2 aja kok mas ngasihmakan langsung dari tangan tuh (asal tangannya ga digigit..hehe). tapi kalo terlalu sering memang ada efek negatifnya mas, burungnnya bakal kayak bayi gitu...

dicky dwi cahyo mengatakan...

bos nyuwun tangglet bek'e manuk sirpu diwenehi jangkrik mboten nopo" ta????

Ditya Jati W mengatakan...

dikasi gapapa om...tapi yang kecil2 wae..ndak keloloden..hehe

Anonim mengatakan...

gan burung ane kenapa tetep liar ??

ande corps mengatakan...

burung anda bagus ya gan aku jd pngin due burung jinak ky duene sampean..he he he

Anonim mengatakan...

HOAX... yg di foto itu jelas burung peliharaan dari kecil, kalo burung gropyokan gak mungkin bisa sejinak itu !!!!!

Widodoariku mengatakan...

Manteb

Posting Komentar