Tips membuat Presentasi PowerPoint


Tips membuat presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint
Sebagai seorang mahasiswa kata presentasi dan PPt alias Power Point pastilah tidak asing. Karena disetiap mata kuliah yang diberikan pasti mahasiswa akan diperintahkan oleh dosennya untuk mempresentasikan laporan atau makalahnya. Nah didalam membuat PowerPoint tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan, supaya saat dipresentasikan, PowerPoint yang dibuat tidak membuat jenuh penonton, walaupun sebenarnya membosankan atau tidaknya sebuah presentasi itu tergantung dari penyajinya. Berikut ini adalah tips-tipsnya.
Check it…

1. Pemilihan Background dan Tulisan.
Jika membuat presentasi warna antara background dan tulisannya harus berlawanan, yang saya maksud adalah jika background yang dipilih berwarna cerah maka warna tulisan harus berwarna gelap dan juga sebaliknya, jika backgroundnya berwarna gelap maka warna tulisannya harus terang, hal ini dilakukan supaya tulisan atau materi tetap bisa terbaca oleh penonton. Lalu saat membuat presentasi jangan memakai bentuk font yang artistic, karena akan menyulitkan penonton dalam membaca tulisannya, pakai saja font Roman, Arial, atau font apa saja yang mudah dibaca. Pemilihan background ini sangatlah penting,karena pencahayaan dilaptop anda dan proyektor sangat berbeda, bisa saja didalam laptop presentasi kelihatan jelas, tetapi saat ditampilkan terlihat tidak jelas antara bbackground dan tulisannya.

2. Pemilihan Warna.
Sebagai seorang mahasiswa, apalagi mahasiswa Teknologi Pendidikan, dalam membuat suatu presentasi harus mempertimbangkann soal pemilihan Warna. Karena kita melakukan presentasi itu tidak hanya saat kuliah saja, tetapi juga saat kita berada di lingkungan kerja atau dimasyarakat. Nah, jika di dalam presentasi itu para penontonnya adalah anak kecil maka pilihlah warna yang “ngejreng” supaya anak-anak lebih tertarik untuk memperhatikan presentasi yang kita buat, tetapi menarik atau tidaknya presentasi kembali lagi pada penyaji. Lalu jika para penontonnya adalah anak muda atau remaja, gunakanlah warna yang cerah tetapi jangan terlalu mencolok, dan masih ada persaudaraan warna, contohnya seperti warna hijau dan biru. Lalu yang terakhir, jika penontonnya adalah orang dewasa, maka pilihlah warna yang “calm” biasanya warna yang bercampur dengan warna abu-abu. Pemilihan warna ini sangat berpengaruh terhadap “mood” para penontonnya, jika warna yang dipilih itu sesuai maka para penonton akan lebih enak memandang presentasi yang kita buat.

3. Banyaknya Item
Biasanya kita membuat presentasi menggunakan PowerPoint itu berpedoman pada makalah yang sebelumnya kita buat, namun ingatlah arti dari PowerPoint, yaitu poin-poin yang memiliki power atau suatu poin yang mencakup keseluruhan dari isi materi. Nah dalam membuat PowerPoint itu setiap kalimat maksimal menggunakan lima kata

yang efektif. Hal ini dilakukan supaya penonton tidak kehabisan waktu dalam membaca dan saat selesai membaca tidak mengerti apa yang dimaksudkan. Jika ingin menambahkan gambar atau icon tertentu usahakan gunakan yang sesuai dengan warna background atau seirama dan jangan memberikan gambar yang berlebihan, meskipun penontonnya adalah anak kecil.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan, semoga berguna dan maaf jika ada kesalahan.
Salam

0 komentar:

Posting Komentar